Powered By Blogger

DicAri

Jumat, 08 Januari 2010

contoh silabus rpp mpk smp ips terpadu

SILABUS RPP MPK SMP IPS TERPADU : Perubahan Pemerintahan dan Kerjasama Internasional
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : IX/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama Internasional
Kompetensi Dasar : 7.3. Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial – budaya di era global
Alokasi waktu : 2x2 jam (tiap jam 45 menit)

Materi Pokok/ Mate ri Pembelajaran Kegiatan Pembela jaran (pengalaman belajar siswa) Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber belajar

Masyarakat di Era Globalisasi
1. Hakikat Globalisasi
2. Ciri-Ciri Globalisasi
3. Dampak Globalisasi
4. Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial di Era Globalisasi

1. Mendiskusikan per gaulan remaja saat ini
2. Mendiskusikan
Situasi masyarakat miskin yang berada di kawasan kumuh
3.Mendiskusikan me- dia elektronik
4. Mendiskusikan per kembangan dan dampak dari globalisasi Produk
1. Mengidentifikasi peruba-han sosial budaya terhadap perilaku masyarakat di era globalisasi
2. Mendeskripsikan kondisi sosial budaya masyarakat pada masa awal globalisasi
3. Menguraikan ciri-ciri dan faktor-faktor globalisasi
Proses
4. Menyelidiki munculnya
Modernisasi dan Hegemonisasi yang memicu globalisasi
Psikomotor
7. Membuat peta konsep
tentang globalisasi
Ketrampilan sosial
8. Melakukan komunikasi
meliputi presentasi, menga
jukan pertanyaan, dan ber
pendapat

1. Rubrik assesmen
b,c, dan d







2. Rubrik assesmen
c, d, e dan f




3. Rubrik assesmen
a


4. Rubrik assesmen
e

5. Rubrik assesmen
c dan f 2x2 jp 1. Buku paket (yang dipakai sekolah)
2.Buku siswa Masyarakat di Era Globalisasi
3. LKS: berjumlah tiga, tiap kelompok mendapat satu LKS. Topik dari masing-masing LKS yaitu
1. Pergaulan remaja saat ini 2. Situsai masyarakat miskin yang berada di kawasan kumuh 3. Media elektronik

























Kisi-kisi Rubrik Assesmen RPP MPK SMP IPS TERPADU

Indikator Tujuan Pembelajaran Rubrik Assesmen dan LKS Kunci LKS
Produk
1. Mengidentifikasi perubahan sosial budaya terhadap perilaku masyarakat di era global
2. Mendeskripsikan kondisi sosial budaya masyarakat pada masa awal globalisasi
3. Menguraikan ciri-ciri dan faktor-faktor globalisasi


























Proses
6. Menyelidiki munculnya Modernisasi dan Homogenissasi yang memicu globalisasi





Psikomotor
7. Membuat peta konsep
tentang globalisasi


Ketrampilan sosial
8. Melakukan komunikasi
meliputi presentasi, menga
jukan pertanyaan, dan ber
pendapat
Produk
1. Diberikan gambar dan penjelasan singkat tentang pergaulan remaja, siswa dapat menjelaskan bahwa remaja merupakan kelompok yang memiliki kecenderungan cepat terbuka dalam menerima globalisasi sehingga mempengaruhi proses perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari

2. Diberikan gambar tentang masya rakat miskin yang berada di kawasan kumuh pinggiran kota misalnya yang berada di bantaran kali dan kolong jembatan,siswa dapat menjelaskan dampak dari globalisasi terhadap kondisi sosial budaya masyarakat
3. Diberikan ganbar tentang media elektronik, siswa dapat menjelaskan bahwa begitu cepat dan mudahnya globalisasi masuk melalui berbagai media dalam kehidupan masyarakat sehari-hari yang mana merupakan ciri-ciri dari arus globalisasi

4. Setelah mendiskusikan/menganalisa tentang globalisasi, siswa dapat mendeskripsikan perkembangan globalisasi dan akibat dari dampak yang ditimbulkannya serta khususnya siswa dapat menguraikan ciri-ciri dan faktor-faktor dari globalisasi

Proses
5. Dengan buku tertutup, siswa dapat memecahkan masalah secara kronologis mengenai awal mulanya globalisasi terbentuk dan apa dampak kondisi sosial budaya dari munculnya globalisasi tersebut bagi kehidupan masyarakat


Psikomotor
6. Dengan buku tertutup siswa dapat menjelaskan ”munculnya globalisasi”


Ketrampilan sosial
7. Terlibat dlm KBM yg berpusat pada
siswa, siswa dapat melakukan komu
nikasi meliputi presentasi, bertanya
dan berpendapat
1. Rubrik assesmen
b,c, dan d
























2. Rubrik assesmen
c, d, dan e








3. Rubrik assesmen a









4. Rubrik assesmen e




5. Rubrik assesmen c

Kunci LKS : Pergaulan remaja saat ini


Kunci LKS: Situasi masyarakat miskin yang berada di kawasan kumuh


Kunci LKS : Media elektronik




































Peta konsep munculnya globalisasi


Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian

No Tujuan Pembelajaran Lembar Penilaian dan butir tes Kunci Lembar Penilaian dan butir tes
1 Produk
1. Diberikan gambar dan penjelasan singkat tentang pergaulan remaja, siswa dapat menjelaskan bahwa remaja merupakan kelompok yang memiliki kecenderungan cepat terbuka dalam menerima globalisasi sehingga mempengaruhi proses perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari
2. Diberikan gambar tentang masya rakat miskin yang berada di kawasan kumuh pinggiran kota misalnya yang berada di bantaran kali dan kolong jembatan,siswa dapat menjelaskan dampak dari globalisasi terhadap kondisi sosial budaya masyarakat
3. Diberikan ganbar tentang media elektronik, siswa dapat menjelaskan bahwa begitu cepat dan mudahnya globalisasi masuk melalui berbagai media dalam kehidupan masyarakat sehari-hari yang mana merupakan ciri-ciri dari arus globalisasi
4. Setelah mendiskusikan/menganalisa tentang globalisasi, siswa dapat mendeskripsikan perkembangan globalisasi dan akibat dari dampak yang ditimbulkannya serta khususnya siswa dapat menguraikan ciri-ciri dan faktor-faktor dari globalisasi

1. Rubrik assesmen
b,c, dan d





2. Rubrik assesmen
c, d, dan e

Kunci LKS : Pergaulan remaja saat ini

Kunci LKS: Situasi masyarakat miskin yang berada di kawasan kumuh

Kunci LKS : Media eletronik

2 Proses
5. Dengan buku tertutup, siswa dapat memecahkan masalah secara kronologis mengenai awal mulanya globalisasi terbentuk dan apa dampak kondisi sosial budaya dari munculnya globalisasi tersebut bagi kehidupan masyarakat

3. Rubrik assesmen a

Tugas makalah individu dengan tema globalisasi
3 Psikomotor
6. Dengan buku tertutup siswa dapat menjelaskan ”munculnya globalisasi”

4. Rubrik assesmen e

Peta konsep munculnya globalisasi

4 Ketrampilan sosial
7. Terlibat dlm KBM yang berpusat pada siswa, siswa dpt melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya dan berpendapat
5. Rubrik assesmen c





















PETA KONSEP
MUNCULNYA GLOBALISASI


Globalisasi Ekonomi

Hakikat Globalisasi Globalisasi Politik

Globalisasi Budaya


Bidang Politik

Ciri-Ciri Globalisasi Bidang Ekonomi

Bidang Budaya

Masyarakat di
Era Globalisasi

Dampak Positif
Dampak Globalisasi
Dampak Negatif

Perilaku Masyarakat Menerima Globalisasi
dalam Perubahan Sosial
di Era Globalisasi Menolak Globalisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar